• WELCOME TO DIARY FOTOGRAFI BY. Chusni Hidayad

    BERJEJELAN DI GOA GONG ( PACITAN JAWA TIMUR)


        Tidak salah lagi kenapa pacitan disebut tempat surganya GOA... karena lebih dari ratusan bahkan sekarang terkenal dengan kota 1001 GOA... dan kali ini perjalan diary foto saya sampai juga ke goa gong ... yang katanya di klaim goa terindah se asia... goa gong memang bagus dan unik... kenapa disebut goa gong... kata sesepuh disana Goa Gong sendiri terletak pada stalaktit dan stalakmit yang dapat berbunyi seperti gong ketika dipukul. Keanehan itu pula yang membuatnya berjuluk Goa Gong. dan kata pemandu disana dulu sering terdengar suara gamelan, termasuk bunyi gong dari dalam gua. "Ada suara, tapi tak terjamah. Jadi, dulu dianggap angker."
       Sedikit cerita ...Berdasarkan cerita turun-temurun, Goa Gong ditemukan dua sesepuh Desa Bomo, Mbah Noyo Soemito serta Mbah Joyo Rejo, pada 1924. Kala itu, kekeringan tengah melanda Pacitan. Dan kedua lelaki itu bertapa dalam Goa Gong hingga menemukan empat mata air. Namun, sepeninggal Mbah Noyo, Goa Gong tidak pernah lagi disinggahi penduduk. Baru pada 5 Maret 1995, masyarakat setempat kembali mencari keberadaan gua. dan Pada tahun 1996, Pemerintah Kabupaten Pacitan membangun fasilitas tangga jalan, pagar, lampu penerangan, dan mesin pendingin ruangan. Namun, bentuk gua yang menjorok jauh serta curam ke dalam membuat udara sangat pengap dan lembab. Karena itu, pengunjung harus mengatur napas kala menyusurinya. "Jalan setapaknya licin dan basah, jadi harus hati-hati."
       Goa Gong hanya memiliki satu akses pintu masuk dan keluar. Dengan demikian, pengunjung harus berjalan melalui rute satu arah memutar, mulai dari pintu masuk sampai keluar. Ruang tengah dan ujung gua bentuknya cukup luas dan menjorok. Semakin ke ujung gua, semakin ke bawah.
       hingga sampai saat ini goa gong masih banyak dikunjungi para wisatawan... dan apesnya pada saat saya kesana pas akhir pekan wisatawan sedang rame-ramenya berkunjung kesana... berjejalan di pintu masuk di dalam suasana pada saat itu sudah tidak kondusif lagi... orang orang seperti mengantre sembako... dan oksigen di dalam serasa berkurang... bahkan ada yang pingsan euyy... yaudah cekidot uyy sorry kebanyakan ngomong ....

    Ini foto pintu utama masuk ke goa gong... terlihat bebebrapa orang sedang mengantri...berjejalan masuk



    setelah antree dan berjejalan selama kurang lebih 10 menitan,,, akhirnya masuk juga ^_^












    Lihat no.... rame kan... dalam goa malah kayak pasar... huuuuhh... sumuk e..






























    dan sekarang terasa semakin sesak saja... buru buru saya putar arah sebelum kehabisan oksigen... beberapa orang sudah ada yang di gotong karena pingsan....tak sempat sampe mata air yang paling bawah saya sudah balik keatas lagi...  ya sudahlah mungkin lain kali... ^_^

    sepertinya sampai disini dulu diary fotografi hari ini.... "GOOD NIGHT"
    Hoaaaaammzzzz ngantuk


    Copyright (c) Chusni hidayad 2013

    0 comments:

     

    Meet The Author

    Experience

    About Me